Friday, December 14, 2007

~Lets Refrain your Tongue~



Bismillahirrohmannirrohim

Kelemahan terbesar dari sebagain besar manusia adalah malas belajar dengan baik. Rytha sering membaca tulisan tulisan para tholabul ilmy ataupun artikel artikel dari para ulama . Biasanya kalau tulisan tersebut mengenai bantahan bantahan dan nasehat buat para mereka ahlul bid’ah dan ahlul ahwa.. pastilah ada komentar komentar menyertai tulisannya…

Menelusuri komentar komentar tersebut….. Subhanallah terkadang tidak habis fikir mengapa manusia begitu mudahnya mengotori tangan tangan mereka hanya sekedar untuk berkomentar tanpa pemikiran ilmiah dan bermanfaat. Ini seperti membuka aib bagi dirinya sendiri, mempermalukan dirinya sendiri dan mengumumkan pada dunia alangkah jahil, bodoh dan naïf nya dirinya

Terkadang diri ini perlu berdiri di depan cermin dan merenungi diri, Apakah patut seorang hamba yang masih sangat lemah tidak menguasai ilmu ushool of deen, paham bahasa arab saja cuma satu dua … tapi merasa cukup pintar memberikan komentar terhadap para ulama kibar.. terhadap para tholabul ilmy…tanpa rasa sungkan dan malu.

Melihat mereka yang berbicara tanpa ilmu di bandingkan mereka yang berbicara dengan ilmu seperti melihat jauhnya langit dan bumi, perbedaan yang sangat kontras.

Sewajarnya seorang mu’min itu tidak hanya sekedar berbicara, berpendapat tanpa dasar, apalagi bila berkenaan dengan masalah deen. Take time untuk membaca, belajar, merenungi, ukur kapasitas diri.. jangan permalukan diri….. Kalau tidak paham, lebih baik bertanya….lebih banyak lagi mengkaji kitab kitab para ulama salaf (para sahabat nabi sallahu alahi wassalam dan para murid murid mereka), menelaah bagaimana pemahaman mereka, bagaimana praktek mereka, sehingga kita tidak tergelincir dalam memberikan pandangan yang menyesatkan dan berlepasa diri dari apa yang mereka amalkan…

Allah subhana wata'ala berkata : .........Diantar hamba - hamba Allah ynag takut kepada-Nya hanyalah para ulama..... (Surah Fathir: 35:28)

Semakin manusia berilmu.. mereka akan semakin berhati hati dalam menggunakan lisannya… menjaga tangannya.. menjaga hatinya….mereka akan semakin takut pada Allah… mereka akan semakin tawadhu …….Semoga Allah memasukkan kita menjadi seorang di antaranya

Allah knows best
Rytha
Batam 14 December 2007

Artikel Nasehat please check bellow

Mutiara Nasehat Syaikh Ibnu Bazz Terhadap Tholibul 'Ilm

2 comments:

Tri Prasetyo

Assalamualikum Wr. Wb.
Sangat menarik sekali tulisan yang anda publikasikan selama ini karena ada beberapa hal yang memang pernah terjadi pada diri saya sendiri ( saya pernah mengalami hal tersebut ), nah untuk yang satu ini saya ingin kasih comment deh:
ada kalanya orang yang kasih komentar tanpa pikir panjang, tinggal copy paste / sekedar nulis doang apa - apa yang ad di benak pikirannya. Terkadang ada komentar yang dia tulis emang bertentangan dengan apa yang pernah dia dapat/ dia terima. Dia pernah melihat suatu situs yang emang kontradiksi dengan apa yang dilihat di situs anda. Kalau dari sisi saya pribadi saya memang pernah melihat beberapa ulama yang anda rujuk ada yang tulisannya tersebut di bantah oleh ulama - ulama yang lainnya juga.
"syaikh dibantah oleh syaikh", kalaulah selevel kita yang penuntut ilmu yang belum paham kaidah2 agama apalagi ilmu hadist dan tafsir.. yaa jauh emang dari segi kualitas tulisan/komentar. Mungkin sekali - kali di tampilkan juga tulisan dari syaikh yang anda rujuk yang di "bantah/dikaji" oleh syaikh yang lainnya. Dan biarlah pengunjung blog anda bisa melihat dengan jelas kebenaran itu.

Terima Kasih,

Tri Prasetyo
Batam Centre - Batam

hidayah yusro

Assalamua`laikum..

ukht rytha, menarik sekali tulisan ukhti. ana ingin memohon kebenaran ukhti untuk ana kongsi tulisan ukhti dengan sahabat2 ana yang lain di blog ana..