Sunday, February 3, 2008

~Kesholehan~



Alangkah indah dan damainya kehidupan orang sholeh, yang ikhlas dan qona’ah. Orang yang melihatnya dari luar saja bisa merasakan kedamaian dan keindahannya.

Hal ini yang dapat Rytha simpulkan ketika menemani ibu membeli bubur ketan dari seorang bapak penjaja bubur yang biasanya lewat di dekat rumah menjelang maghrib. Subhanallah… seorang bapak penjual bubur sederhana tetapi bisa di lihat tanda tanda sunnah dari penampilan beliau. Seorang bapak yang belum terlalu tua dengan jenggot tipis yang kelihatan menjaga pandangan matanya walau tetap ramah menanyakan bubur apa yang mau di beli dan menanyakan apakah santannya sudah cukup. Beliau juga tidak isbal, masyallah… dipastikan rumah beliau tidak kebanjiran...karena saat itu belum musim hujan......

Beliau seperti sengaja lewat di sekitar rumah menjelang magrib karena beberpa kali Rytha lihat bila maghrib datang beliau meninggalkan gerobaknya di samping masjid didekat rumah (beliau sholat maghrib berjama’ah di masjid).

Menghitung hitung, berapakah kira kira penghasilan beliau semalaman berjualan bubur keliling, tentu tidak seberapa. Beliau harus menghidupi anak dan istrinya di zaman yang serba mahal. Tapi Rytha yakin beliau tidak memiliki hutang kredit rumah di bank, kredit mobil, kredit motor, kredit mesin cuci, kredit kulkas, kredit kain sofa, kredit gorden jendela, kredit prabot rumah tangga (karena biasanya bank bank dan lembaga pemberi kredit seperti ADIRA tidak akan memberika kredit untuk orang orang berprofesi seperti beliau)….. Apalagi mempunyai kredit card….. Mungkin beliau relatif lebih kaya dari banyak orang kaya...... hutang beliau mungkin cuma beberapa ratus ribu di warung dekat rumah (tanpa bunga) dibandingkan hutang para mereka yang kelihatan kaya...... wallahualam..

Sungguh kelihatannya beliau begitu damai, Allah subhana wata'ala tentu sangat cinta dan berbangga dengan hamba seperti beliau yang tetap istiqomah sholat berjama’ah, tidak malu mengamalkan sunnah dalam penampilannya, dan tetap bekerja dengan halal.

Orang orang seperti beliau pasti lebih percaya akan kemurahan Allah, rezeki dari Allah… pertolongan dari Allah, merasa qona'ah ….. hidup terasa seperti begitu mudah dan ringan, seolah olah tanpa beban, penuh keyakinan bahwa Allah akan menjaganya selama ia menjaga hak hak Allah….

Indeed hanya dengan banyak banyak bersyukur Allah menambah nikmat, dan hanya dengan banyak mengingat Allah hati menjadi tenang …

Allah knows best

Rytha
Batam 3 Februari 2008